Tentang berkata “Tidak”

Wah hujannya sangat lebat, sepertinya akan banjir.

***

Tidak, sebuah kata yang sederhana memang tapi mungkin menyakitkan karena berarti sebuah penolakan. Dan sayangnya aku termasuk orang yang tidak bisa berkata tidak. Tentu saja ini  menyulitkanku, aku harus menjalani atau melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin kulakukan.

Beberapa bulan yang lalu aku dan teman2 sempat ada rencana ke Lombok. Berhubung Ka Eza buka agen travel, aku tanya2 lah ma dia. Eh ternyata dia nya serius banget nanggepinnya, padahal aku baru nanya2 doank. Sejak saat itu dia sering banget nanyain aku jadi berangkat gak. Saat itu aku benar2 bingung. Aku menghindar sebisaku. Ya semua memang salahku karena tidak bisa berkata tidak. Seandainya pas dia nawarin dan aku langsung berkata tidak, dia kan langsung mundur. Ini aku malah kasih alasan macam2 yang masih punya celah untuk disanggah. Walaupun akhirnya sekarang dia sudah tidak menawari lagi, mungkin capek juga dengan berbagai alasanku.

Nah kemudian si Agus, dia minta aku buat beliin tiket barito. Dan lagi2 aku tidak bisa berkata tidak. Ah.. aku ingin seperti Nisa yang dengan mudah menolak.
Aku sudah mengajukan berbagai alasan pada Agus tapi tetap saja dia nitip. Ya, karena aku tidak berkata tidak. Kenapa sulit sekali sih berkata tidak.
Gak tau deh ni gimana nanti hari Jumat, aku kan males banget ke stadion sana.

Dan, ini yang terbaru. Yanti ngajakin ke Angsana. Aku dan Ayu sebenarnya tidak excited tapi kami juga tidak bisa berkata tidak. Alasannya sih saat ini aku lagi banyak pengeluaran untuk hidup di tempat baru, begitu juga Ayu katanya lagi banyak yang harus dibayar. Alasan kedua karena kami sudah pernah ke Karjaw, kami sudah tau bagaimana kalau tidak bisa berenang dan maksa buat snorkeling. Iya… sayang banget sudah jauh2 kesana eh ternyata di kapal doank.
Sayangnya kami tidak bisa menjelaskan itu ke Yanti, dan dia jadi marah. Salah kami sih, harusnya dari awal sudah dengan tegas berkata tidak.

Semoga ke depannya bisa berkata tidak untuk hal yang tidak aku suka atau tidak ingin kulakukan.

Leave a Reply

