My Grandma

Pagi ini dapat berita duka kalo nenek Ayu meninggal. Dan karena itulah tercipta cerita ini.

***

Aku termasuk seorang cucu yang kurang kasih sayang nenek dan kakek.
Kakek dari pihak Abah sudah meninggal lama. Nenek dari pihak Mama juga meninggal sebelum aku lahir. Kakek dari pihak Mama meninggal saat umurku 2 tahunan, tetap aja aku sama sekali tidak ingat sosoknya.
Jadi, yang aku sempat kenal cuma nenek, orang tua Abah.
Aku tidak begitu dekat juga sih, aku cuma sesekali mengunjungi Nenek, kalo orang Banjar biasa manggilnya Nini.
Nini aku sehari2 kerjanya bikin dadar gulung yang sumpeehhh enak banget, sekarang nurun ke tanteku tuh ilmunya.
Aku mengunjungi Nini cuma kalo pas lagi ada acara aja. Nini tinggal sendiri, tapi kami cucu2nya suka pinjam rumah nini buat kumpul2.

Aku tidak ingat persis nini sakit apa. Aku bahkan tidak pernah tahu beliau sakit. Saat itu aku SMP kelas 1, subuh2 Ayah sudah ribut. Kami semua disuruh ke rumah acilku. Nenek gawat katanya. Kami semua kesana, dan kami semua sempat melihat kepergiannya. Itu pertama kalinya aku melihat dengan jelas kepergian seseorang. Aku seorang anak 12tahunan, melihat bagaimana malaikat maut menjemputnya. Bagaimana abah membimbing nini untuk mengucap Lailaha Ilallah… Aku menyaksikan semua di depan mataku.
Ada banyak orang yang menangis. Ya, semua orang menangis. Kecuali aku.
Aku tidak menangis, aku juga tidak tahu kenapa, rasanya air mataku kering, atau mungkin juga karena dibanding semua cucunya aku yang paling tidak dekat dengan nini.

Di teras loteng, kami cucu berkumpul. Semua bercerita tentang nini, kenangan tentangnya, kesedihan ditinggalkan, dan segala rasa yang ingin dicurahkan. Tapi aku juga masih tidak menangis.

3 hari berlalu, aku baru merasakan kehilangan itu. Sepertinya indera perasaku memang belum sepeka sekarang. Hari itu, aku menangis hebat. Aku terlambat, aku baru menyadari kepergian Nini. Aku baru tahu bahwa Nini benar2 tiada. Entah berada dimana aku slama ini.

***

Cuma ingin mengenangnya.
Untuk diriku sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: